Notelp (0273) 322610

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) AKADEMI KEPERAWATAN GIRI SATRIA HUSADA WONOGIRI TAHUN AJARAN 2023/2024

25 September 2023
Admin

Mengawali kegiatan akademik tahun 2023/2024 AKPER Giri Satria Husada Wonogiri menyelenggarakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB).   Kegiatan ini dimaksudkan untukmenyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, serta memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan ini dapat dijadikansebagai  titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, kepedulian terhadap lingkungan, dan juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas.

Melalui PKKMB, mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global. Tujuan umum PKKMB adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di Akademi Keperawatan Giri Satria Husada. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk   Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika), Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tri dharma perguruan tinggi, Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar, Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat, Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab, Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner).

Hasil yang diharapkan dari kegiatan PKKMB ini adalah untuk Memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan, Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru, Memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya, pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan Terciptanya persababatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan.

Secara umum materi kegiatan PKKMB terdiri dari Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara, Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan tinggi di era revolusi industri 4,0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi, Kesadaran lingkungan hidup dan kampus sehat, Manajemen risiko, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di perguruan tinggi. Perguruan Tinggi dapat mendeskripsikan materi lebih teknis dan metode pelaksanan yang disesuaikan dengan karakteristik berdasarkan kebutuhan masing-masing dengan tetap berpedoman pada panduan ini.

Penyampaian materi PKKMB ini dilaksanakan dengan metode luring. Bentuk Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, simulasi dan diskusi tanya jawab serta memanfaatkan media kreatif dan teknologi informasi dengan pemutaran video terkait materi yang telah disediakan oleh Dikti. Tempat penyelenggaraan dilaksanakan di aula kampus Akademi Keperawatan Giri Satria Husda Wonogiri. Waktu Kegiatan dilaksanakan  selama 3 (tiga) hari, yaitu pada hari Selasa – Kamis / 5 – 7 September 2023. Peserta kegiatan pengenalan kampus ini adalah mahasiswa baru atau mahasiswa yang belum pernah mengikuti PKKMBsebanyak 30 orang.

Evaluasi dilakukan untuk melihat keberhasilan pencapaian tujuan program sekaligus menganalisis manfaat materi/aktivitas, efektivitas dan efisiensi, termasuk analisis kelemahan dan kendala yang terjadi pada penyelenggaraan kegiatan. Evaluasi dilaksanakan oleh panitia dengan membentuk tim yang terdiri dan unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, serta unsur lain yang dianggap perlu. Evaluasi dilaksanakan selama kegiatan berlangsung antara lain dengan cara mengedarkan kuesioner kepada para mahasiswa baru. Bagi peserta yang mengikuti PKKMB secara tuntas mendapatkan sertifikat.