Visi
Menjadi Program Studi penghasil tenaga perawat vokasi yang profesional di era global dan unggul dalam bidang keahlian keperawatan dasar: Manajemen Nyeri & Manajemen Luka di tahun 2030.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan D3 Keperawatan dengan menggunakan kurikulum berbasis KKNI.
- Melaksanakan penelitian di bidang keperawatan dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan yang terus menerus sebagai upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat yang optimal.
- Mengembangkan sumber daya, sarana, dan prasarana yang mendukung tercapainya suasana akademik yang kondusif.
Tujuan
- Tersusunnya kurikulum berbasis KKNI sesuai perkembangan IPTEK.
- Terwujudnya strategi pembelajaran sesuai dengan metode mutakhir.
- Tersedianya sumber daya manusia baik kuantitas maupun kualitas sesuai bidang keahliannya.
- Tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif.
- Terlaksananya penelitian di bidang keperawatan dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan.
- Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan yang terus menerus sebagai upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat yang optimal.
Nilai-Nilai PT
Nilai-Nilai Akademi Keperawatan Giri Satria Husada Wonogiri disingkat dengan “GSH BISA” yaitu:
G : Genius
Genius dalam konteks perguruan tinggi mengacu pada kemampuan akademik dan intelektual yang luar biasa dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif. Perguruan tinggi mendorong mahasiswanya untuk:
- Mengembangkan pola pikir kritis dan analitis dalam menyelesaikan masalah.
- Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang berdampak luas.
- Mengaplikasikan pengetahuan untuk menciptakan inovasi di berbagai bidang ilmu.
- Berpikir out-of-the-box untuk menghadapi tantangan global dan industri.
S : Supportif
Sikap supportif menunjukkan adanya lingkungan yang mendukung dan mendorong pertumbuhan akademik, sosial, dan emosional bagi seluruh sivitas akademika. Nilai ini mencakup:
- Pemberian bimbingan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa.
- Kolaborasi yang kuat antara dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.
- Penyediaan fasilitas dan sumber daya yang menunjang pembelajaran dan penelitian.
- Kepedulian terhadap kesejahteraan mahasiswa dan tenaga pendidik.
H : Humanity
Nilai humanity menekankan pentingnya aspek kemanusiaan dalam pendidikan tinggi, yang mencakup:
- Penghargaan terhadap keberagaman dan inklusivitas dalam lingkungan kampus.
- Pengembangan karakter empati, kepedulian sosial, dan etika dalam interaksi akademik maupun profesional.
- Pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial.
- Perlakuan adil dan bermartabat terhadap seluruh anggota perguruan tinggi.
B : Beriman
Nilai beriman mencerminkan keyakinan yang kuat terhadap ajaran agama sebagai pedoman moral dan etika dalam menjalani kehidupan akademik. Penerapan nilai ini dalam perguruan tinggi mencakup:
- Integrasi nilai-nilai keagamaan dalam proses pembelajaran dan kehidupan kampus.
- Menanamkan etika dan integritas akademik dalam setiap aktivitas ilmiah.
- Mendorong toleransi antar umat beragama dalam lingkungan kampus.
- Mengamalkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam interaksi sosial maupun pengambilan keputusan.
I : Inovatif
Inovasi merupakan kunci dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perguruan tinggi harus menjadi pusat inovasi dengan cara:
- Mengembangkan riset dan teknologi yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan industri.
- Menciptakan lingkungan yang mendorong eksplorasi dan eksperimentasi dalam berbagai bidang.
- Memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran dan administrasi akademik.
- Mendorong mahasiswa dan dosen untuk berpikir kreatif dan berani mengambil risiko dalam pengembangan ide-ide baru.
S : Solidaritas
Solidaritas dalam perguruan tinggi mengacu pada semangat kebersamaan dan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Implementasi nilai ini meliputi:
- Membangun budaya kerja tim dalam proses akademik dan penelitian.
- Meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui kegiatan sosial dan kemahasiswaan.
- Mengutamakan kesejahteraan bersama daripada kepentingan individu.
- Menjalin hubungan harmonis antara seluruh civitas akademika, termasuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.
A : Adaptif
Adaptasi terhadap perubahan merupakan hal yang penting bagi perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan global. Nilai adaptif mencakup:
- Kemampuan menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan zaman dan kebutuhan industri.
- Fleksibilitas dalam metode pembelajaran, termasuk pemanfaatan teknologi digital.
- Mendorong mahasiswa dan dosen untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan sesuai dengan tren terbaru.
- Responsif terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi yang mempengaruhi dunia pendidikan.